LKMM Pra TD IV FTIf – Day 1

Posted by

LKMM Pra TD IV FTIf diadakan tanggal 10-11 Desember 2011, dalam dua hari ini kita diberikan pelatihan tentang berbagai macam hal tentang manajemen diri sebagai mahasiswa.
pada hari pertama diberikan lima materi yang sangat bermanfaat.
Pada hari pertama saya ijin dua sesi pertama dikarenakan ada kuliah agama yang akhirnya membuat saya mendapatkan penugasan resume dua materi pertama yang tidak saya ikuti.
pada awal pertemuan diadakan analisis tema dari LKMM Pra TD ini, yaitu PATRIOT. sepertinya ini sejenis diskusi yang membicarakan tentang tema PRA TD kali ini, yaitu Prestatif, Aktif, Tanggap, kRItis, visiOner, dan Tanggung jawab.
Lalu memasuki materi pertama diberikan materi tentang persepsi, bagaimana cara kita mengolah pikiran dalam pembentukan persepsi sehingga tidak terjadi apa yang disebut dengan salah persepsi. haha #sotoy #padahal ngga ikutan sesi ini.
materi kedua adalah Logika Berpikir, kita diberi pengertian apa itu berpikir, apa itu berpikir kritis  apa saja macam-macam berpikir dan kesalahan-kesalahan dalam proses berpikir.
materi ketiga yang sekaligus metari pertama bagi saya adalah mendengar aktif, mendengar aktif adalah mendengar yang tidak hanya masuk telinga kanan keluar telinga kiri. mendengar aktif artinya tidak hanya menerima informasi namun juga memberi tanggapan dan umpan balik atas informasi yang telah kita dapatkan. proses dalam mendengar aktif yaitu hearing, understanding, remembering, interpreting, evaluating, dan responding. dari langkah-langkah tersebut bisa kita liihat bahwa ada yang disebut dengan tahap responding, ini menunjukkan bahwa pendengar tidak hanya diam dan mendengar namun memberi tanggapan pada pembicara.
lalu materi selanjutnya adalah berbicara efektif, disini saya mendapatkan kiat-kiat bagaimana cara berbicara yang baik pada lawan bicara. berbicara efektif adalah berbicara dengan tepat pada sasaran dan tidak berbelit-belit.
materi terakhir pada hari pertama adalah A, K, U. Ambisi, Kenyataan dan Usaha. Tiga hal ini adalah hal-hal yang saling berkaitan dalam hidup kita. ambisi adalah sesuatu keinginan untuk mencapai sebuah tujuan, Kenyataan adalah apa yang benar-benar terjadi pada diri kita dan Usaha adalah sesuatu yang kita lakukan untuk mencapai sebuah tujuan. kadang ambisi bisa lebih dari satu pada setiap orangnya dan ambisi-ambisi ini dapat berjalan seiring atau bisa juga saling berlawanan. di sinilah peran kita untuk mengendalikan ambisi agar bisa sesuai kenyataan dan usaha yang kita lakukan.

selain diberikan materi-materi diselipkan juga beberapa icebreaking oleh mas-mbak pemandu, selain itu di akhir acara terdapat sesi bulkonah, bulat kotak dan panah. bulkonah adalah sesi dimana kita mereview materi apa saja yang kita dapat pada hari pertama dalam sebuah alur flowchari -_- #ohmeen wkwk.

okey sekian cerita saya pada hari pertama, semoga hari kedua lebih menyenangkan dan bermanfaat. 😀

thanks for reading. 😀
keep positive !
ariesty rafika
10122011

3 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s