PRA TD IV FTIf – day 2

Posted by

Minggu, 11 Desember 2011 maba FTIf menjalani PRA TD IV FTIf, kami langsung masuk ke kelas yang telah dibagi dan siap menerima materi.
materi-materi yang diberikan pada hari kedua ini adalah :

– S, R, K. Sasaran, Resiko, dan Konsekuensi. Sasaran adalah tujuan dalam hidup kita, tiap individu pasti memiliki sasaran dalam hidupnya atau yang bisa kita sebut cita-cita. Nah, tiap sasaran itu harus direncanakan dengan matang supaya bisa tepat dengan tujuan kita. kita bisa me-list langkah-langkah apa saja yang harus kita lakukan dalam mencapai sasaran tersebut. Resiko, resiko adalah kemungkinan terburuk dalam proses kita mencapai sasaran. Maka dari itu diperlukan plan B atau antisipasi dalam menghadapi resiko. Lalu konsekuensi adalah hasil yang kita dapatkan setelah melalui usaha dalam mencapai sasaran.

– Pengenalan diri. Ada empat karakter atau elemen dalam diri manusia. tiap manusia sebenarnya memiliki tiap-tiap karakter tersebut namun pasti ada yang lebih dominan. empat karakter tersebut adalah : Sanguinis, Koleris, Plegmatis, dan Melankolis. Kita dijelaskan tentang kelebihan dan kekurangan masing-masing karakter dan bagaimana cara mengatasi kekurangan-kekurangan tersebut.

– Pengembangan diri. Setelah mengenal diri, maka kita diberikan materi tentang pengembangan diri. Kelebihan dan kekurangan yang kita miliki dimanage dengan pengaturan waktu dan pembuatan visi-misi dalam hidup kita.

– Pribadi dan organisasi, di materi ini kita dimotivasi untuk aktif berorganisasi tanpa menomorduakan akademis. sebagai mahasiswa kita memiliki peran dan fungsi bagi lingkungan sekitar bahkan bagi negara. maka dari itu kita tidak hanya diharuskan belajar saat kuliah namun juga belajar untuk berkontribusi lebih bagi masyarakat sekitar dengan berorganisasi.

yah begitulah materi-materi yang kita dapat di hari kedua, dan setelah materi-materi tersebut kita diberikan simulasi total. kita diberikan tali untuk membentuk huruf  FTIf bersama-sama seluruh maba FTIf. kereen fotonyaa, coba punya fotonya ><

lalu setelah simulasi total kita dikumpulkan di aula untuk penutupan, diberikan penghargaan peserta terbaik pada tiga belas anak dari masing-masing kelas dan ada juga predikat essay terbaik. selamaat bagi penerima hadiah. 😀

itu sekelumit kisah dari Pra TD hari kedua dari saya. hehe

thanks for reading
keep positive 😀
ariesty rafika
12122011

2 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s