Robert Noyce’s 84th

Posted by
Bagi yang doyan googling pasti hari ini pas lagi ngetik google.com akan menjumpai gambar di atas. Sebenarnya siapa sih Robert Noyce sampai googledoodle menciptakan gambar seperti di atas di hari ulang tahun Robert Noyce yang ke 84. 
Robert Noyce didaulat sebagai penemu sirkuit terpadu alias microchip bersama dengan Jack Kilby.  Mereka adalah pelopor industri komputer, Robert Noyce adalah Fairchild Semiconductor Corporation (1957) dan Intel (1968).  Di Fairchild Semiconductor, dia adalah General Manager, di situ Robert Noyce menemukan microchip dan menerima US patent # 2.981.877 (Semiconductor Device and Lead Structure, filed July 1959, issued April 1961, assigned to Fairchild Semiconductor)
Di Intel, Robert Noyce mengelola dan mengawasi kelompok penemu yang kemudian menemukan penemuan revolusioner yaitu mikroprosesor .
Robert Noyce - Wikipedia.orgRobert Noyce lahir pada tanggal 12 Desember 1927 di Burlington, Iowa.  Dia meninggal pada tanggal 3 Juni 1990 di Austin, Texas. Dia juga dijuluki “Walikota Silicon Valley”.
Pada tahun 1949, Noyce menerima gelar BA dari Grinnell College di Lowa.  Pada tahun 1953, ia menerima gelar Ph.D.  dalam elektronik fisik dari Institut Teknologi Massachusetts.
Robert Noyce bekerja sebagai peneliti untuk Philco Korporasi sampai  tahun 1956, ketika Noyce mulai bekerja untuk   Laboratorium  Shockley Semiconductor di Palo Alto, California, ia membuat transistor .
Pada tahun 1957, Robert Noyce mendirikan Fairchild Semiconductor Corporation, dan   pada tahun 1968, Noyce mendirikan Intel Corporation dengan Gordon Moore.
Robert Noyce adalah  penerima medali Stuart Ballantine dari Institut Franklin untuk pengembangan sirkuit terpadu.  Pada tahun 1978, dia menerima penghargaan Brunetti Cledountuk sirkuit terpadu.  Pada tahun 1978, ia menerima Medali Kehormatan IEEE. Pada tahun 1979, ia dianugerahi National Medal of Science. Untuk menghormatinya, IEEE kemudian mengadakanRobert N. Noyce Medal untuk kontribusi luar biasa dalam industri mikroelektronika.
Noyce adalah seorang pemegang gelar kehormatan dan penghargaan.  Presiden Ronald Reagan memberikan kepadanya National Medal of Technology pada tahun 1987.  Pada tahun 1990, Noyce bersama dengan Jack Kilby, penemu transistor John Bardeen, dan beberapa selebriti lainnya, menerima “Lifetime Achievement Medal” selama perayaan dua abad UU Paten.
Menurut biografi IEEE nya, ” Robert Noyce  memegang 16 paten Robert Noyce, yaitu  pada metode semikonduktor, perangkat dan struktur, termasuk aplikasi dari photoengraving untuk semikonduktor, dan menyebar-persimpangan isolasi untuk IC.  Dia juga memegang paten dasar yang berhubungan dengan skema interkoneksi logam..”
Sumber: Wikipedia.org dan inventors.about.com

2 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s