Madre – tawa seorang peri, peri kami, periku :)

Posted by

Judul : Madre
Penulis : Dewi “dee” Lestari
Penerbit : Bentang Pustaka
Tanggal terbit : Juli 2011
Jumlah halaman : 176
Kategori : Sastra
Terdiri dari 13 prosa dan karya fiksi, Madre adalah karya hebat lain yang dihasilkan oleh dee, seorang pemusik dan penulis yang handal dalam memainkan diksi dalam tiap baris kalimat yang ia susun. Kekhasannya dalam mengulik hal-hal yang banyak orang belum ketahui membuat jalan cerita dari tiap kisahnya tidak membosankan dan penasaran. Salah satu kelebihan dee adalah dia tidak hanya menuliskan apa yang dia tahu, tapi mencari tahu apa yang dia tidak tahu dan dibuat menjadi sebuah karya baru. Salah satu kisah terbaiknya di buku ini yaitu, Madre. Madre berasal dari bahasa Spanyol yang berarti Ibu. Ini dia sinopsisnya.
“Apa rasanya sejarah hidup kita berubah dalam sehari? Darah saya mendadak seperempat Tionghoa, nenek saya ternyata tukang roti, dan dia, bersama kakek yang tidak saya kenal, mewariskan anggota baru yang tidak pernah saya tahu : Madre”
Satu lagi kisah favorit saya di buku ini adalah Menunggu Layang-Layang.
Baru selangkah kakinya melewati pintu keluar, Starla tahu-tahu berbalik. “Kamu pernah ngomong soal layang-layang. Aku nggak pernah ngerti maksud kamu, tapi nggak tahu kenapa, itu jadi membuatku berpikir,” ia menatapku dengan tatapan yang tak pernah kulihat sebelumnya. Lembut seperti boneka panda. Tatapan orang mabuk kepayang. “Aku ingin jadi layang-layang,” katanya mantap.
Aku tercekat.
“Layang-layang itu bebas di langit. Tapi tetep ada benang yang mengikatnya di bumi. Jangan lepasin aku, Che.” Starla menghambur, mendekapku yang berdiri kaku. Lalu ia tersenyum dan berjalan pergi. Mata itu berbinar.
Dan aku tetap di tempatku. Ucapan Starla seperti palu yang jatuh dari langit dab mendarat tepat di ubun-ubun. Telak. Mematikan.
Dee selalu berhasil membuat saya terhipnotis dalam ramuan kata-katanya. Tidak salah bahwa buku dee adalah salah satu buku yang selalu saya tunggu kehadirannya. Buku ini cocok bagi penyuka sastra dan bagi pembaca yang mengharapkan sudut pandang berbeda dari sebuah fiksi. So don’t miss it !
Thank you for reading
Keep positive ! 😀
Ariesty Rafika
19122011

4 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s