Sistem Informasi – it’s just another begin

Posted by
Tidak pernah terpikirkan oleh saya bahwa saya akan menjadi salah satu mahasiswi di Sistem Informasi ITS. Di luar rencana? Jelas. Waktu saya duduk di bangku SMA saya pernah berencana melanjutkan kuliah di universitas ini universitas itu, sekolah tinggi ini, tapi ITS tidak pernah masuk dalam daftar rencana saya. Namun seperti kita tahu Allah lah pemeluk segala rencana, Dia Yang Maha Tahu, Maha Memiliki. Saya sebagai manusia bisa memiliki rencana. Namun seindah-indahnya rencana manusia pasti lebih indah rencana-Nya. J

Oke saya mulai dengan apa sih Sistem Informasi? Sistem Informasi merupakan jurusan termuda di ITS. Walaupun termuda, bukan berarti jurusan ini adalah jurusan yang ecek-ecek. Di umurnya yang masih muda ini jurusan Sistem Informasi telah menjadi jurusan yang cukup favorit. Di jurusan ini kita tidak hanya dicekoki dengan kode-kode pemrograman namun juga diberikanilmu tentang manajemen dan  bisnis, bahkan kita juga diberikan mata kuliah Keterampilan Interpersonal untuk bekal kita membawa diri di lingkungan sekitar.
Ya di jurusan Sistem Informasi ini adalah kombinasi dari teknologi informasi dan aktivitas orang yang menggunakan teknologi dalam mendukung operasi dan manajemen. Istilah sistem informasi juga bisa diartikan interaksi antara orang, proses algoritmik, data dan, teknologi. Jadi, tidak hanya penggunaan organisasi teknologi informasi dan komunikasi tetapi juga cara orang berinteraksi dengan teknologi ini dalam mendukung proses bisnis.
Kalau timbul pertanyaan, terus apa bedanya sih Teknik Informatika sama Sistem Informasi? Yah dua jurusan ini sama-sama bernaung di dalam Fakultas Teknologi Informasi, jadi jelas kalau dua jurusan ini sama-sama bergerak di bidang teknologi terutama komputer. Bedanya, mata kuliah di Teknik Informatika benar-benar menjurus ke pemrograman dan bisa dibilang full of ngoding. Berbeda dengan Sistem Informasi yang yaa kita juga ngoding tapi seperti yang saya tulis di atas, kita juga diajarkan berbisnis, bagaimana memulai bisnis, bagaimana mengelola dan strategi-strategi dalam berbisnis. Juga ada mata kuliah yang mengajarkan kita berinteraksi dengan orang lain.
Menjadi technopreneur, pebisnis, dan manajer IT adalah lahan-lahan pekerjaan yang diharapkan bagi para lulusan SI. Adakah salah satu profesi di atas adalah cita-cita kalian? Berarti Sistem Informasi adalah pilihan yang tepat (y).
Selain perkuliahan, di SI banyak kegiatan-kegiatan positif yang mendukung kita. Seperti pelatihan-pelatihan yang secara umum didapatkan semua jurusan di ITS. Jadi, beruntunglah saya, saya mungkin tersesat, tapi tersesat di jalan yang benar. Jalan yang mungkin lebih baik dari jalan yang sebelumnya saya pilih.
Semoga memang pilihan saya berada di sini adalah hal yang baik bagi diri saya sendiri, orang tua dan lingkungan sekitar saya. J
Thanks for reading fellas ! 😀
Keep positive !
Ariesty rafika
18122011

6 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s