life, choice, format

Posted by
katanya hidup itu pilihan, ya betul. bahkan ketika kita merasa tidak punya pilihan lain kita masih memiliki pilihan untuk tidak memilih satu-satunya pilihan tersebut. 
hidup bukan sekedar dialog box atau kuisioner dengan jawaban tertutup yang semua pilihannya sudah tertera dan kita disodorkan radio button untuk memilih salah satu. bukan, kalaupun memang hidup ini berbentuk form yang harus kita isi, dia pasti berbentuk text field yang berformat. 
formatnya? formatnya adalah dengan mengikuti aturan-aturan yang memang sudah ada dan ditetapkan-Nya. kadang kita merasa form aplikasi yang sudah kita isikan belum juga terkabulkan oleh yang Maha Kuasa. mengapa? mungkin memang format yang kita ajukan belum sesuai, bahkan mungkin sebenarnya kita belum paham betul dengan aturan-Nya? entahlah, terlalu banyak analogi mengenai hidup. tapi kembali lagi, hidup memang pilihan. kita bisa memilih untuk belajar sebelum mengisi form yang telah terformat tersebut dengan benar, atau dengan belajar dari error yang berkali-kali terjadi karena tidak terisi dengan format yang benar, atau dengan putus asa menerima saja hal-hal yang diberikan pada kita tanpa sesekali mencoba mengirimkan penawaran pada-Nya. semua itu pilihan, bahkan ketika kita tdiak memilih sebenarnya kita sudah memilih untuk tidak mengambil pilihan apapun.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s