membiasakan diri

Posted by
biasakan melakukan hal yg benar, bukan membenarkan hal yang biasa. – I Komang Deno Wirautama. Ketua HMSI 2011-2012.
quote ini kayanya sederhana, tapi ketika diserapi maknanya langsung bikin aku termenung dan berpikir aku sudah masuk orang yang mana sih? membiasakan yg benar atau membenarkan yang biasa? 
well, setiap orang pasti memiliki kebiasaan baik dan buruknya masing-masing, begitupun aku. walaupun sedikit, tentu tiap orang memiliki kebiasaan melakukan hal yang benar dalam hidupnya, mungkin dengan menaati rambu-rambu lalu lintas, atau membuang sampah pada tempatnya, iya hal-hal sederhana seperti itu sebenarnya dapat berdampak besar apabila setiap orang mau membiasakan dirinya melakukan hal-hal yang benar. hal yang benar menurut setiap orang mungkin saja relatif, sebetulnya kerelatifan ini sebenarnya dipengaruhi oleh budaya dan kebiasaan sekitar yang mungkin saja membenarkan hal-hal yang mereka anggap sudah biasa, lalu bagaimana cara mengetahui apa saja hal-hal yang benar itu? 
menurutku hal-hal yang benar adalah hal yang tidak melanggar hukum. hukum apa? Menurut KBBI, hukum adalah 1) peraturan atau adat yang dianggap mengikat, pun jenis dari hukum sendiri bermacam-macam, bagi kita yang beragama tentu memiliki hukum agama, sebagai warga negara kita memiliki hukum negara, hukum adat, dll. lalu kenapa masih banyak orang yang melanggar hukum? ya kembali lagi pada kalimat pertama post ini, iya, karena masing-masing dari kita masih melawan kebenaran hukum, kita menganggap hal-hal yang salah itu sebagai hal yang benar karena sudah biasa dilakukan dalam lingkungan masing-masing, kecuali bagi mereka yang benar-benar memiliki pengetahuan yang marginal mengenai hukum, sehingga mereka tidak tahu menahu dan hanya mengikuti apa yang biasa, tapi kita tentu bukan orang yang marginal mengenai hukum bukan? 
mulai dari hal kecil, mulai dari diri sendiri, dan mulai saat ini,biasakanlah melakukan hal yang benar bukan membenarkan hal yang biasa, yang sudah terlanjur membiasakan diri, coba perlahan dikurangi kebiasaannya, walau sulit kebiasaan pasti bisa dibentuk bagi yang memiliki niat. post ini tidak ditujukan pada siapapun melainkan pada si penulis yang sudah melalaikan banyak kepercayaan orang lain dan ingin segera berbenah, membenahi apa saja yang sudah kubiasakan berantakan, semoga kita berhasil !
selamat berbenah, selamat hari Sabtu. semoga bermanfaat !

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s