Memangnya Kakak Nggak Takut?

Posted by

Salah satu adik sepupuku, Della, bertanya ketika kami menunggu jam keberangkatanku kemarin sore untuk kembali ke Jakarta di Bandara Sultan Syarif Kasim II – Pekanbaru.

Della      : “Memang Kakak Nggak Takut naik pesawat sendiri?”

Ai            : “Takut apa?”

Della      : “Takut pesawatnya jatuh”

Ai            : “Ya takut, makanya kak Ai selalu berdoa”

Aku menjawab tanpa pikir panjang, karena memang, itu yang aku rasakan dan lakukan ketika takut, bahkan pada hal-hal kecil. Tidak terhitung banyaknya ketakutan yang sudah (dan akan) terlewati dalam hidup. Takut saat wawancara, takut saat melakukan kesalahan dalam bekerja, takut tidak secepat teman-teman dalam menangkap materi saat belajar, takut menjadi beban orang tua, takut rencana tidak terlaksana, dan lain-lain. Lalu bagaimana? toh, mau tidak mau hal-hal tersebut akan dihadapi dan pasti akan terlewati.

Satu hal yang aku baru sadar saat Della bertanya kemarin adalah betapa kuatnya peran doa, sehingga rasa antusiasku selama ini mengalahkan segala rasa takut. Pun ketika hal berjalan tidak sesuai dengan rencana, aku selalu berpikir, “ya sudah, kan memang berdoa minta petunjuk, kalau jalannya seperti ini, mungkin memang ini yang terbaik”.

Berdoalah, bukan sekedar agar keinginanmu tercapai, karena memang dengan berdoa, perasaan dan pikiran menjadi lebih tenang. Sehingga ketika memulai berusaha mencapai keinginan semua dilakukan dengan ikhlas dan pasrah.

Berdoalah, lalu berusaha! Jangan hanya berdoa meminta ini-itu namun lalu berdiam saja. Berdoa memang pondasi yang kuat, namun sebuah bangunan tidak akan fungsional ketika hanya terdiri dari pondasi saja.

Berdoalah, karena………. apa sulitnya sih? 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s