Terlambat Satu Bulan

Posted by

Memang benar kata orang, satu tahun akan terasa singkat, dengan segala suka dan dukanya, sudah satu bulan saya di Edinburgh, kota yang amat cantik. Setiap saya ke luar saya selalu tersenyum, bersyukur, dan (masih) takjub dengan kenyataan bahwa saya punya kesempatan seluar-biasa ini.

This slideshow requires JavaScript.

Harus diakui, saya termasuk orang yang lambat beradaptasi. Sulit bagi saya memulai pembicaraan dengan orang baru. Sulit untuk saya melawan kebiasaan lama yang tidak bisa dilakukan di sini.

Walau begitu, perlahan saya mulai mendapatkan ritme yang tepat untuk hidup di negri orang. Saya sudah menemukan trik supaya waktu saya tidak habis untuk masak dan cuci piring (percaya deh ini udah langkah besar hahaha). Saya sudah lumayan tahan dengan dinginnya (untuk saat ini, belum winter). Saya sudah lumayan hafal jalan sekitar.

Kebiasaan apa yang saya maksud dengan kebiasaan lama yang tidak bisa, atau sebenarnya bisa saja namun tidak baik jika dilakukan di sini?

Kebiasaan belajar mahasiswa di sini selalu bikin saya minder, at least, mahasiswa teman-teman seflat saya, mungkin tidak semua orang seperti ini, namun bagi saya cukup mengintimidasi. Jujur, ketika S1 saya bukan tipe mahasiswa yang rajin belajar mandiri. Bisa dibilang saya belajar hanya di kelas, duduk di depan, fokus mendengarkan dosen, dan mengeksplor hanya ketika mendapatkan tugas. Bisa saja saya beralasan karena memang banyak sekali tugas dan kegiatan, saya tidak sempat benar-benar belajar (baca buku atau kuliah online), atau alasan (dulu) pada saat saya kuliah, hanya ada final project, tanpa ada ujian tulis (kecuali tahun terakhir, ketika ada perubahan kurikulum). Namun berdalih seperti itu pun sudah terbukti kalau sekarang saya sangat kewalahan.

Ada teman flat saya yang hampir setiap hari ke perpustakaan, bahkan ketika malam minggu. Sedangkan saya, bahkan weekdays saja saya ogah ke perpustakaan atau lab. Sebenarnya belajar memang tidak harus di perpustakaan, masalahnya kamar terlalu hangat dan nyaman sehingga kecenderungannya saya malah tertidur.

Kuliah di sini tidak ada absensi, sebagai orang yang suka dengerin dosen walau seringkali sudah mendengarkan baik-baik pun tidak paham, saya sih tidak masalah dengan ada ataupun tidak adanya absesnsi. Namun, mungkin bisa jadi godaan bagi orang yang lebih suka belajar mandiri dan merasa tidak sreg dengan dosennya.

Di program yang saya ambil, saya hanya diberikan tiga mata kuliah wajib, sehingga bisa dibilang saya sangat bebas mengambil mata kuliah yang saya sukai. Seharusnya, tidak ada alasan bagi saya malas belajar.

Saya ingat pesan dosen saya, Bu Mahendrawathi:

Sekolah di mana pun sebenarnya sama saja, Ai. Bedanya akses kamu di sana akan jauh lebih luas, kalau kamu tidak memanfaatkannya, apa untungnya kamu sekolah jauh-jauh?

-bahkan saat saya ketik pesan ini saja mata saya berkaca-kaca. haha.

Bu, maafin saya, terlambat satu bulan untuk menjalankan pesan ibu. Malam ini, saya tulis post ini, sebagai turnover. Juga sebagai gambaran bagi teman-teman yang mungkin punya kebiasaan yang sama dengan saya dan punya niat melanjutkan kuliah di UK, khususnya di Edinburgh. Kebiasaan belajarnya bisa diubah dari sekarang supaya tidak kaget. Paksa diri untuk baca materi yang akademis, kesalahan saya dulu membiasakan diri membaca dalam bahasa Inggris, tapi hanya bacaan-bacaan ringan. Untuk yang masih kuliah, ubah mindset masuk kuliah untuk sekedar syarat absensi.

Terakhir, kutipan dari Imam Syafi’i yang tidak pernah gagal bikin saya takut dan sebenarnya sudah mulai saya rasakan saat ini.

Jika kau tidak sanggup menahan lelahnya belajar, maka kau harus sanggup menelan pahitnya kebodohan.

Saya tidak akan mau dan tidak akan sanggup menelan pahitnya kebodohan, maka dari itu, saya akan berusaha keras menahan lelahnya belajar, melawan malas yang menjalar. Saya ga mau jauh-jauh ke sini dengan percuma. 약속

2 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s