Konsultasi /Curhat/ Online

Posted by

Di masa pandemi ini, sangat wajar jika beberapa orang mulai bosan, tertekan, sedih atau malah depresi. Tentu saja keadaan yang sangat tidak menyenangkan ketika kita dianjurkan untuk meminimalisir kegiatan di luar rumah, menghindari keramaian, bahkan untuk bertemu keluarga saja rasanya gelisah. Terlebih lagi kita tidak tahu sampai kapan keadaan ini akan berlangsung dengan berbagai macam variabel yang tidak menentu dari kondisi saat ini. Jujur, sebagai orang yang sejak kecil jaraaaangg sekali jalan-jalan, bahkan sekedar ke mall di akhir minggu, berdiam diri di rumah bukan hal yang begitu sulit. Namun ketika bahkan untuk bertemu keluarga atau teman, bekerja, bahkan beribadah pun harus terbatasi, dan sudah berlangsung lima bulan lamanya (bahkan tujuh bulan bagiku, sejak lahiran), lama-lama hal ini pun bisa membuatku parno, tidak rileks, dan akhirnya ketakutan.

Ada kalanya di awal pandemi ketika buka berita daring, ponsel bisa terjatuh begitu saja dari tanganku saking panik dan takutnya. Ada kalanya ketika setelah keluar rumah atau berjumpa dengan orang (yang jarang terjadi), aku merasa tidak enak badan ataupun deg-degan yang cukup tidak nyaman. Mungkin bagi beberapa orang, kondisi dianjurkan di rumah itu mengekang kebebasannya, sehingga ketika ada pelonggaran mereka melampiaskan kebosanannya supaya tidak stressed, sedangkan aku, aku justru stressed kalau terpaksa keluar rumah.

Ketika sudah curhat ke keluarga namun rasa perasaan tidak nyaman, akhirnya aku pun coba konsultasi ke ahlinya, aku coba salurkan kegelisahan dan kepanikan yang kurasakan tentang kondisi ini. Tenang, bukan kegelisahanku yang ingin kubagikan di post ini, hanya saja kalau ada dari kalian yang merasakan keadaan serupa, it’s okay to reach out and seek help from the expert.

Nah, pada tulisan ini akan coba aku bantu bandingkan dua aplikasi yang aku gunakan untuk curhat secara online dengan psikolog, yaitu Halodoc dan Riliv.

Halodoc merupakan aplikasi yang membantu hampir secara keseluruhan terkait kesehatan utamanya kesehatan fisik. Mulai dari konsultasi ke dokter (umum maupun spesialis) secara online, beli obat yang diresepkan dokter, ambil antrian untuk konsultasi offline, bahkan tes laboraturium di rumah. Sedangkan Riliv adalah aplikasi meditasi dan konseling secara daring dengan psikolog profesional untuk kesehatan mental yang lebih baik. Nah, keduanya menyediakan layanan untuk konsultasi daring dengan psikolog, lalu mau pilih yang mana?

Satu hal yang perlu diketahui, curhat ke psikolog bukan berarti masalah jadi selesai atau serta merta tenang dan semangat dalam menjalani masa pandemi ini, karena memang mulanya dari pikiran sendiri, kita sendiri yang bisa coba latih diri sendiri untuk lebih tenang. Lalu untuk apa dong curhat ke psikolog? Kalau aku pribadi, ketika kita panik, kita kurang bisa berpikir jernih, sedangkan psikolog sebagai ahli yang tidak punya konflik kepentingan apapun, akan bantu kita untuk meluruskan keruwetan yang ada di pikiran kita dengan berdialog, satu persatu mengurai kegelisahan yang kita miliki. Kalau kalian sudah memiliki teman curhat yang menurut kalian bisa melakukan ini dengan baik, maka itu rejeki kalian, manfaatkan semaksimal mungkin. Tapi kalau pun curhat ke teman tapi pikiran masih tetep ruwet,ya ga masalah juga, toh memang ada ilmunya sendiri untuk itu, maka dari itu meminta pertolongan ke ahli juga bukan berarti orang di sekitar tidak membantu.

Secara ringkas berikut merupakan perbandingan dua aplikasi ini berdasarkan pengalaman pribadiku.

Untuk harga relatif lebih murah Halodoc, karena cukup sering memberikan voucher ataupun harga paket konsultasi sehingga harga per-sesi bisa sekitar Rp. 30,000 saja. Durasi konsultasi memang lebih lama Riliv, namun untuk yang sudah mengetahui betul permasalahan dirinya, 45 menit sebetulnya sudah cukup untuk berdialog. Perbedaan yang cukup signifikan adalah di kendali kita untuk mengatur waktu dan memilih ahli. Untuk mengatur waktu konsultasi, di Halodoc kita bisa langsung menumpahkan curhat ke psikolog yang sedang online sedangkan untuk Riliv kita akan diminta mengatur jadwal terlebih dahulu dengan psikolog. Tentu tiap pilihan ada plus minusnya, bagi yang merasa sudah darurat dan ingin segera melepaskan keresahan mungkin Halodoc pilihan yang lebih tepat, namun bagi yang memiliki agenda yang padat dan butuh lebih terjadwal agar lebih fokus dalam menyelesaikan permasalahan, mungkin Riliv merupakan pilihan yang lebih tepat. Mengenai pilihan psikolog, di Halodoc kita bisa dengan leluasa memilih psikolog yang sedang tersedia, kita bisa mendapatkan informasi mengenai latar belakang studi psikolog yang kita pilih dan mengetahui nomor SIPnya. Sedangkan di Riliv, psikolog yang memilih sesuai kategori permasalahan yang ingin kita ceritakan. Untuk yang merasa kendali memilih psikolog adalah hal yang penting, maka Halodoc lebih tepat. Namun jika merasa tidak masalah dengan hal ini, malah merasa lebih nyaman jika “dipilih” maka Riliv bisa jadi pilihan. Untuk fitur lain yang mendukung, apabila keluhan mental sudah sampai mengganggu fisik, mungkin Halodoc bisa menjadi pilihan yang lebih tepat agar bisa sekalian meminta resep ke dokter (bukan psikolognya ya). Namun bila ingin mencoba latihan meditasi, Riliv memiliki berbagai pilihan rangkaian meditasi (yang jujur belum saya coba).

Sekian review dua aplikasi curhat online sesuai dengan pengalamanku. Kalau ada hal-hal yang terlewat, mungkin emang belum nyoba aja, maklumin yaa. Oiya, kepuasan curhat sangat bergantung ke psikolog yang dipasangkan dengan kita, itu bisa jadi rejeki-rejekian yaa. Semoga membantu kalau ada yang merasa butuh dengan informasi ini. Semoga selalu sehat fisik dan mental.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s